• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Titah Dita Pramesti - 080210192010_1.pdf (1.373Mb)
    Date
    2013-12-16
    Author
    Titah Dita Pramesti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kombinasi model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dalam pembelajaran fisika diharapkan agar siswa dapat lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran fisika, serta siswa akan lebih terarah dalam membentuk konsep-konsep fisika yang di pahami, karena dalam hal ini siswa diajak berpikir nalar tentang konsep materi, sehingga siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran serta lebih cepat dalam memahami konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. (2) mengkaji motivasi belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. (3) Mengkaji hubungan yang positif antara motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Daerah penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Prajekan yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan perhitungan uji one way-ANOVA. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-5 dan X-6 yang ditentukan dengan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized subjects post-test only control group design. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, vii observasi, wawancara, tes, dan angket. Analisis data tingkat motivasi belajar siswa dengan menggunakan uji aktivitas, data hasil belajar kognitif produk dengan perhitungan Independent Samples T-Test, serta hubungan diantara hasil belajar dan motivasi dengan menggunakan perhitungan regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data hasil belajar kognitif produk di peroleh hasil bahwa T test > T tabel (1,84 > 1,67), sehingga dapat dinyatakan bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima. Jadi, hasil belajar fisika siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. Sedangkan pada tingkat motivasi belajar siswa diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah, yaitu 82,69% dengan kriteria “sangat baik” untuk kelas eksperimen dan 73,15% dengan kriteria “baik” untuk kelas kontrol. Hasil analisis data mengenai hubungan antara hasil belajar siswa dengan tingkat motivasi siswa diperoleh persamaan regresi linier Y = 62,31 + 0,13X, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara meningkatnya motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa, yaitu setiap kenaikan skor motivasi belajar siswa sebesar 0,13 poin, maka hal tersebut akan menaikkan skor nilai hasil belajar siswa sebesar satu poin. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. Sedangkan tingkat motivasi belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berteknik Mind Mapping (Peta Pikiran) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. Serta hubungan diantara keduanya adalah positif, yaitu meningkatnya motivasi belajar siswa juga akan meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9002
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository