IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI WANA WISATA TANJUNG PAPUMA KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi promosi pada Wana Wisata
Tanjung Papuma Kabupaten Jember. penelitian ini menggunakan paradigma
kualitatif dengan tipe deskriptif mengenai implementasi strategi promosi yang
diterapkan pada Wana Wisata Tanjung Papuma Kabupaten Jember. Penarikan
kesimpulan diambil secara induktif. Deskripsi penelitian ini menjelaskan tentang
pelaksanaan strategi promosi dalam rangka untuk menarik pengunjung. Kebenaran
penelitian ini dicari melalui triangulasi yaitu membandingkan data yang diperoleh
dari perusahaan dengan hasil wawancara dengan informan terkait dengan
pelaksanaan kegiatan promosi, strategi dan implementasi strategi yang diterapkan
pada Tanjung Papuma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tanjung Papuma
menggunakan strategi bauran promosi: periklanan, promosi penjualan dan hubungan
masyarakat dan strategi sapta pesona yang terdiri dari aman, tertib, bersih, sejuk,
indah, ramah dan kenangan dalam mengkomunikasikan produknya kepada
masyarakat dan pengunjung. Implementasi strategi promosi yang diterapkan pada
Tanjung Papuma dalam menarik pengunjung berjalan cukup baik, dengan tercapainya
target pengunjung yang telah ditetapkan. Walaupun begitu pihak Tanjung Papuma
harus terus mengembangkan strategi promosi dalam menarik pengunjung khususnya
terhadap wisatawan asing.