Pengaruh Rasio Aktivitas dan Rasio Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio aktivitas dan rasio
profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi.
Jenis penelitain ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama
3 tahun dari 2015-2017. Sampel yang digunakan sebanyak 22 perusahaan selama
3 tahun yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Data penelitian
diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (IDX) dan Yahoo Finance. Metode
analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi
sebesar 5% dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan
hasil uji kelayakan model menunjukkan bahwa model regresi yang dihasilkan baik
(layak) dan dapat digunakan untuk analisis selanjutnya. Uji parsial menunjukkan
hasil bahwa variabel rasio profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap
nilai perusahaan. Hasil berbeda ditunjukkan oleh variabel rasio aktivitas yang
tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil uji koefisien determinasi
sebesar 60,9% yang menunjukkan kemampuan variabel independen dalam
menjelaskan variabel dependen , sementara 39,1% dijelaskan oleh variabel lain.