Optimalisasi Umpan Balik Kelas Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Reflektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menulis Paragraf
Abstract
Menulis paragraph dalam Bahasa Inggris bagi mahasiswa selalu menjadi masalah.
Masalah yang muncul bukan disebabkan karena mereka tidak tahu apa yang ditulis melainkan
bagaimana menulis dalam bahasa Inggris dengan ide yang tertata secara baik, pemilihan kata
yang tepat, dan struktur gramatikal bahasa Inggris yang benar sehingga kalimat yang disusun
nampak sebagai kalimat bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
menjajaki cara yang dapat membantu meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis
paragraph dengan mengoptimalka umpan balik kelas melalui model pembelajaran inkuiri
reflektif. Melaui dua siklus dengan tiga kali tindakan dan satu kali tes pada masing-masing
siklus, sejumalh 53 mahasiswa semester II input tahun akademik 2007-2008 yang menempuh
matakuliah Writing Idipilih sebagai riset partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran inkuiri reflektif dengan mengoptimalkan umpan balik belum
dapat memberikan efek yang cukup signifikan terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa
dalam menulis paragraf. Melalui in-depth analysis terhadap hasil pekerjaan mahasiswa sudah
tertanam kuat melalui linguistic bahasa Indonesia yang selalu mempengaruhi manakal mereka
menulis paragraf dalam bahasa Inggris , dan fakta ini perlu dikaji atau diteliti lebih lanjut untuk
menemukan jawabannya dan sekaligus solusinya.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]