• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Program Full Day School di MTSN 2 Jember Tahun Ajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    ZAINUL ARIFIN-110210301044.pdf (3.952Mb)
    Date
    2019-03-04
    Author
    ARIFIN, Zainul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Implementasi pembelajaran Full Day School merupakan system pendidikan yang menerapkan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar sehari penuh dengan memadukan sistem pengajaran yang intensif yakni dengan menambah waktu jam pelajaran sampai sehari penuh. Pada sekolah umumnya pembelajaran hanya sampai siang, untuk sekolah full day ini waktu yang digunakan dalam pembelajaran lebih lama, karena ada tambahan pelajaran yang di anggap perlu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, serta pengembangan diri dan kreatifitas siswa. Salah satu sekolah di kabupaten Jember yang menerapkan pembelajaran ini ialah MTsN 2 Jember. Implementasi pembelajaran full day school di MTs Negeri 2 Jember telah berjalan selama lima tahun yang dimulai sejak tahun 2012. Beberapa yang melatar belakangi diantaranya yaitu sebagai salah satu langkah preventif dalam mencegah kerusakan moral dan kecerdasan akibat perkembangan zaman dan tekhnologi yang tak terbendung saat ini, kemudian untuk memfasilitasi pengembangan minat dan bakat siswa. Implementasi pembelajaran full day school memerlukan perencanaan yang baik. Perencanaan pembelajaran meliputi perencanaan kegiatan pembelajaran didalam kelas pagi dan kelas sore. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran full day school di MTs Negeri 2 Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode tujuan tertentu atau secara sengaj yang dilaksanakan di MTsN 2 Jember. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran program full day school, MTs Negeri 2 Jember melakukan inovasi terhadap program ini, yakni dengan membentuk kelas peminatan yang mana sering disebut “full day tahap sore” dari jam 14.30-16.00 WIB. Sedangkan pada jam 6.45-14.00 WIB pembelajaran dilaksanakan sebagaimana mestinya kelas reguler yang diikuti oleh semua siswa yang ada di MTs Negeri 2 Jember. Khusus kelas full day school selanjutnya pada pukul 14.00-16.00 WIB dilanjutkan dengan kelas peminatan yang telah dibentuk oleh tim. Tim pelaksana membentuk beberapa kelas peminatan yang bisa diikuti oleh siswa diantaranya, peminatan bahasa, peminatan matematika, peminatan IPA, dan peminatan IPS. Metode pembelajaran yang digunakan heterogen atau beragam, hal tersebut guna mengurangi rasa bosan dan jenuh siswa. Kemudian dalam kaitannya dengan evaluasi pembelajaran menurut informasi yang diterima dari pihak sekolah dalam kaitannya dengan program fulday school, terdapat dua raport yang diberikan pada siswa yang mengikuti program fullday school yaitu raport kelas reguler dan raport kelas peminatan. Raport kelas reguler berisikan hasil belajar siswa pada semua mata pelajaran yang diikuti selama satu semester, sedangkan raport kelas peminatan berisikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang disesuaikan dengan program peminatan yang diikutinya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89745
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository