Analisis Penguasaan Konsep Fisika Melalui Pendekatan Multirepresentasi Materi Termodinamika pada Pembelajaran di SMA
Abstract
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berintegrasi, maksud dari
kurikulum berintegrasi yaitu terdapat proses yang harus dikuasai siswa antara lain
skill, themes, concept dan topic. Dengan kata lain kurikulum 2013 disebut
kurikulum terpadu sebagai proses dapat dikatakan sebagai sebuah sistem dan
pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu atau suatu
pelajaran dalam bidang studi untuk memberikan pembelajaran dalam konsep nyata
kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan
representasi verbal, gambar ,matematis dan grafik siswa pada materi
termodinamika di SMA dan Untuk mengetahui representasi verbal, gambar,
matematis dan grafik guru pada saat mengajar
Pelaksanaan pada penelitian sesuai dengan prosedur penelitian yang telah
dibuat. Langkah pertama yaitu kegiatan pendahuluan yang terdiri dari penentuan
tempat penelitian, pembuatan surat penelitian,dan mengoordinasikan dengan guru
mata pelajaran fisika di tempat penelitian. Tempat penelitian ini menggunakan 3
sekolah yang berada di Kabupaten Lumajang. Sekolah menegah atas yang dipilih
adalah sebagai berikut SMA Negeri Tempeh, SMA Negeri Pasirian dan SMA
Negeri Kunir. Langkah kedua yaitu membuat instrumen, dimana terdapat soal pre
test dan post test dalam penelitian ini. Langkah ketiga adalah pengumpulan data
dilakukan dengan mengujikan tes yang telah dibuat. Langkah keempat yaitu
menganalisis data yang diperoleh dari penelitian yang didapat kemudian langkah
kelima yaitu menarik kesimpulan.