Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Disertai Teknik Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMKN 2 Jember
Date
2019-01-29Author
Zahro, Yesy Fatimatus
Astutik, Sri
Maryani, Maryani
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian yang berjdul pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) disertai
teknik Probing-prompting terhadap hasil belajar fisika di SMKN 2 Jember ini bertujuan untuk
memperoleh gambaran bagaimana pengaruh dari penerapan model pembelajaran Collaborative
Creativity disertai teknik Probing-prompting terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran
Collaborative Creativity (CC) disertai teknik probing-prompting disusun berdasarkan sintakmatik
yang terdapat pada model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) namun pada langkah-langkah
model pembelajaran CC telah disusun dengan menambahkan teknik probing-prompting yaitu pada
tahap identifikasi masalah dengan tujuan siswa lebih terfokus pada permasalahan yang telah diberikan
oleh guru sehingga siswa dapat menjawab permasalahan tersebut sesuai dengan harapan dari guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. penelitian eksperimen adalah penelitian yang
diterapkan untuk mengetahui sebuah perlakuan tertentu terhadap yang lain dengan kondisi yang
dikendalikan. Berdasarkan hasil analisis dapat dikatakan bahwa bahwa model pembelajaran
Collaborative Creativity disertai teknik Probing-prompting berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar fisika di SMK.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1876]