Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity untuk Melatihkan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA
Abstract
Argumentasi ilmiah merupakan kemampuan kognitif siswa yang diperlukan untuk
mengembangkan kemampuan bernalar, berpikir, mengeksplorasi, dan menjawab pertanyaan.
Argumentasi ilmiah tepat digunakan untuk memperoleh produk dan proses sains siswa.
Pembelajaran dengan proses sains salah satunya adalah melatihkan argumentasi ilmiah dengan
cara kolaboratif. Sehingga tujuan penelitian adalah mengembangkan lembar kerja siswa
collaborative creativity. Lembar kerja siswa collaborative creativity merupakan lembar kerja
siswa yang menyajikan permasalahan yang disajikan pada tiap kelompok untuk didiskusikan
dengan cara menggali ide secara kreatif setiap individu dan diselesaikan dengan menemukan
ide-ide baru dan hasil individu digabung menjadi ide kelompok. Ide kelompok inilah yang
akan dijadikan dasar untuk merumuskan masalah, menyusun hipotesis, dan memperoleh data
dengan cara kolaboratif. Permasalahan pada Lembar Kerja Siswa collaborative creativity yaitu
terdapat dua argumen yang saling bertentangan dan penyelesaiannya dengan melibatkan
argumen yang disertai dengan bukti dan penjelasan terhadap argumen. Lembar Kerja Siswa
collaborative creativity dapat menuntun siswa dalam kegiatan berkelompok sehingga
memudahkan siswa dalam melatihkan argumentasi ilmiah. Lembar Kerja Siswa ini terdiri dari
indikator berargumentasi ilmiah diantaranya adalah memberikan bukti dan justifikasi terhadap
argumen, kontra argumen, dan sanggahan.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]