• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament (TGT) pada Pokok Bahasan Pengukuran Luas Bangun Datar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Katolik “ST. Petrus” Banyuwangi (Application of Cooperative Learning Model Team Games Tournament (TGT) on the Large Measurement Plane to Increase Activities and Learning Outcomes Student Class V SD Catholics "ST. Petrus "Banyuwangi)

    Thumbnail
    View/Open
    F. KIP_Jurnal_Khutobah_Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament.pdf (287.8Kb)
    Date
    2019-01-28
    Author
    Febriliana, Agata Elok
    Sugiarti, Titik
    Khutobah, Khutobah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika sangat membantu dan dibutuhkan pada bidang studi atau ilmu-ilmu yag lain. Oleh karena itu matematika merupakan mata pelajaran yang mutlak untuk dipelajari dan dikuasai. Semakin tinggi pemahaman dan penguasaan materi serta prestasi belajar maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pembelajaran. Pada kenyataan di lapangan, siswa sering mengalami kesulitan dalam belajar matematika sehingga hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pun menjadi rendah. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas V sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pengukuran kecepatan melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif team game tournament. Pada siklus I, Skor aktivitas siswa secara klasikal sebesar 75,59 yang tergolong aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 81,20 yang tergolong sangat aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 72,31 yang tergolong naik dan pada siklus II meningkat menjadi 80,59 yang tergolong sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif team game tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pengukuran kecepatan pada siswa kelas V di SD ST. Petrus Banyuwangi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89484
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository