Implementasi Bentuk Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Anak Kelompok B1 Usia 5-6 Tk Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi Tahun Ajaran 2017/2018 (Implementation of Guidance and Counseling Services for Students Group B1 Age 5-6 TK Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi Academic Year 2017/2018)
Date
2019-01-28Author
Aimmatul, Zulma
Yuliati, Nanik
Khutobah, Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak
kelompok B1 usia 5-6 TK Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi tahun ajaran 2017/2018. Secara rinci
penelitian ini untuk memperoleh jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang terkait implementasi bentuk layanan
bimbingan dan konseling pada anak kelompok B1 yaitu layanan pengumpulan data, layanan informasi, layanan penempatan,
layanan konseling. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September 2017 sampai dengan minggu ke tiga bulan Januari
2018 di lembaga TK Kelurahan Bulusan Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode triangulasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini
adalah sudah cukup baik dalam implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak kelompok B1 dengan
adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan psikolog dan wali murid kelompok B1. Hal ini didapat dari adanya perencaan
kegiatan hingga tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak
kelompok B1 TK Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi tahun ajaran 2017/2018
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]