Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Semi Tulis Gajah Oling Pada Najiha Batik Banyuwangi
Abstract
Perkembangan industri batik yang semakin pesat menuntut perusahaan
untuk dapat mempertahankan konsumen melalui strategi pemasaran. Keputusan
pembelian menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena hal ini tentu
akan menjadi suatu pertimbangan bagaimana suatu strategi pemasaran yang akan
dilakukan oleh perusahaan pada periode berikutnya. Inovasi produk merupakan
salah satu dari strategi pemasaran untuk meningkatkan keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap
keputusan pembelian batik semi tulis Gajah Oling pada Najiha Batik Banyuwangi.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelasan (explanatory
research). Penelitian ini dilakukan pada karyawan Semi Tulis Gajah Oling pada
Najiha Batik Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Batik
Semi Tulis Gajah Oling pada Najiha Batik Banyuwangi yang berjumlah 240
konsumen. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 25% dari total populasi
yaitu 60 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah
accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, kemudian
metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi Produk (X) berpengaruh
secara signifikan (nyata) terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini menjelaskan
bahwa jika perusahaan melakukan inovasi maka akan diikuit dengan peningkatan
pembelian. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu hanya mengkaji pada Najiha
Batik, sehingga tidak menutup kemungkinan memiliki hasil berbeda di tempat
lainnya.