• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Yang Diperoleh Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Pada Mata Pelajaran Pemasaran Pada SubPokok Bahasan Produk Di SMKN 1 Tanggul Tahun Ajaran 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    MOCHAMMADAKBAR N. Y. - 060210301212 (2)_1.pdf (106.1Kb)
    Date
    2013-12-15
    Author
    MOCHAMMAD AKBAR N. Y.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan jenis penelitian True eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran pemasaran pada Subpokok bahasan produk tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Tanggul, Jember dimana subyek yang diteliti adalah siswa kelas XII PJ. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII PJ 1 sampai dengan kelas XII PJ 3. Sampel yang digunakan adalah kelas XII PJ 2 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperaif STAD dan kelas XII PJ 1 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebelum melakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan dilakukan uji normalitas. Aktivitas belajar siswa dalam kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw memiliki Skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 90,47 % yang tergolong kriteria sangat aktif dan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD memiliki Skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebeasar 69,04% yang tergolong kriteria aktif . Berdasarkan data tersebut maka dapat menjawab hipotesis yang diajukan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa antara model pembelajaran kooperatf Jigsaw dengan model pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran pemasaran. Hasil uji analisis data pada post tes dengan taraf signifikasi 5 % dan d.f. 82 diperoleh t tabel = 1,989 dan t = 4,82. Berdasarkan hasil penghitungan Uji t dapat diketahui bahwa nilai t hitung hitung > dari t tabel dengan demikian hipotesis nol (H ) ditolak dan hipotesis kerja (H ) diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatf Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif STAD .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8932
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository