Modelisasi Piala dengan Penggabungan Hasil Deformasi Benda Geometri Ruang
Abstract
Piala biasanya diberikan kepada seseorang sebagai tanda penghargaan
atau hadiah suatu prestasi. Secara umum piala terdiri dari bagian atas, bagian
tengah, dan bagian alas. Menurut aspek geometris, model piala pada umumnya
masih memiliki kekurangan pada tampilan bentuk, contohnya bagian alas yang
terdiri dari benda ruang seperti tabung, kubus, atau balok saja sehingga terkesan
monoton dan kurang variatif. Bentuk-bentuk geometris yang variatif dapat
dilakukan dengan beberapa teknik diantaranya menggunakan teknik penggeseran
kurva, permukaan putar, ataupun deformasi. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendapatkan beragam bentuk desain piala yang variatif dari penggabungan
hasil deformasi benda-benda geometri ruang.
Modelisasi piala dibagi menjadi tiga tahapan seperti berikut. Pertama,
membangun beberapa benda dasar sebagai komponen penyusun piala dari
deformasi prisma segi enam beraturan, tabung, dan kerucut. Dalam hal ini
mengoperasikan titik dan kurva kemudian membangun permukaan lengkung atau
menginterpolasikan kurva tersebut. Kedua, merangkai beberapa benda dasar
komponen piala pada tiga jenis sumbu pemodelan. Tahapan terakhir dilakukan
programasi untuk memodelisasi piala tersebut dengan bantuan software Maple 18.
Hasil penelitian ini mendapatkan dua prosedur untuk memodelisasi piala.
Pertama, prosedur untuk mendesain beragam bentuk komponen penyusun piala
dari benda dasar prisma segi enam beraturan, tabung, dan kerucut adalah sebagai
berikut. Menetapkan titik-titik atau pola pada masing-masing sisi atas dan sisi
bawah prisma, tabung, dan kerucut. Mengoperasikan titik-titik tersebut, yaitu: (a)
menetapkan titik kontrol untuk memperbesar atau memperkecil jari-jari atau
ketinggian, (b) membangun segmen garis, kurva Bezier kuadratik atau kubik, dan
(c) menginterpolasikan kurva tersebut sehingga menghasilkan bentuk komponen
piala. Kedua, prosedur untuk perangkaian komponen penyusun piala hasil dari
prosedur pertama pada tiga jenis sumbu pemodelan yaitu satu sumbu pemodelan,
dua sumbu pemodelan, dan tiga sumbu pemodelan dengan langkah-langkah
sebagai berikut. Membagi sumbu menjadi 3 segmen yang diperlukan sebagai
sumbu bagian alas piala, bagian tengah piala, dan bagian atas piala. Mengisi
setiap bagian segmen sumbu non homogen tersebut dengan komponen penyusun
piala sehingga menghasilkan model piala yang bervariasi.