Metode Pembuatan Materi Bahasa Inggris di SAC UPT BS-PB sebagai Upaya Mempermudah Anggota SAC dalam Memahami Bahasa Inggris secara Mandiri
Abstract
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut:
1. Membuat materi belajar bahasa Inggris di SAC merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanalkan selama PKN di UPT BS-PB. Kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan adalah mambantu rnerapikan data-data materi belajar di English for Children juga di SAC.
2. Aplikasi metode pembuatan materi bahasa Inggris berperan penting dalam pembuatan materi bahasa Inggris. Penggunaan metode ini berpengaruh terhadap hasil materi belajar yang didesain. Hasil materi belajar yang telah dibuat berupa materi yang telah terklasifikasi menurut ragam bahasa, tingkat kesulitan dan skill yang ingin dipelajari pembelajar. Oleh karena itu dapat mempermudah anggota SAC dalam memahami bahasa Inggris menurut tingkat pemahaman individu di dalam belajar secara mandiri.
3. Materi bahasa Inggris berupa printed material dibuat menggunakan metode pembuatan materi bahasa Inggris. Metode tersebut memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam pembuatan printed material. Tahapan-tahapan tersebut meliputi prosedur pengembangan printed material, standar penyusunan materi printed material, pemberian kode printed material:
4. Pembuatan kataIog materi di SAC UPT BS-PB berdasarkan pada materi belajar yang telah dibuat dan diklasifikasi, kemudian dilakukan pendataan sekaligus pemberian kode-kode menurut ketentuan yang ada di SAC. Pemberian kode-kode tersebut dimaksudkan supaya materi tersebut dapat diolah menurut ketentuan pembuatan katalog materi SAC.