• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN MODEL ARIAS DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL DI MTs NEGERI GENTENG

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi1_Mei Nur L. Qodriyah_001.pdf (127.0Kb)
    Date
    2013-09-04
    Author
    MEI NUR LAILY QODRIYAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil wawancara dengan guru bidang studi di MTs Negeri Genteng diperoleh informasi bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB MTs Negeri Genteng dapat dikatakan masih rendah. Hal ini disebabkan siswa belum memahami dan masih kesulitan dalam mempelajari matematika karena sistem pembelajaran yang tidak memberikan kesempatan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran model ARIAS dengan authentic assessment merupakan pembelajaran untuk menanamkan rasa percaya diri pada siswa sehingga bisa menampilkan prestasi yang baik. Siswa juga diberi relevansi dari materi yang disampaikan dengan kehidupan sehari-hari mereka, sehingga menimbulkan perhatian/minat siswa pada materi yang akan disampaikan. Setelah itu siswa diberikan evaluasi terhadap hasil belajar dengan menggunakan penilaian sebenarnya (Authentic Assessment) yang tidak hanya menilai dari aspek hasil akhir pembelajaran, namun juga meninjau dari aspek proses dan kinerja siswa, yang kemudian diberikan penguatan berupa penghargaan atas prestasi yang ditampilkan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas dan ketuntasan hasil belajar operasi bilangan pecahan setelah penerapan pembelajaran model ARIAS dengan Authentic Assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB MTs Negeri Genteng tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 36 siswa. Alasan pemilihan kelas karena mempunyai siswa dengan tingkat kemampuan yang bervariasi. Metode pengumpulan data adalah tes, wawancara, dan observasi. Pembelajaran model ARIAS dengan authentic assessment dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 pada materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian pecahan dan siklus 2 pada materi pembagian dan perpangkatan pecahan. Pembelajaran Model ARIAS dengan Authentic Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII Semester Ganjil di MTs Negeri Genteng dapat terlaksana dengan lancar, meskipun ada beberapa kendala, yaitu siswa tidak terbiasa melakukan diskusi kelompok sehingga mereka belum bisa memanfaatkannya dan sulitnya menimbulkan kepercayaan diri siswa dengan waktu yang relative singkat. Persentase aktivitas individu siswa pada siklus I adalah 68,14% dan pada siklus II adalah 77,97%, sedangkan pada aktivitas kelompok pada siklus I adalah 68,05% dan pada siklu II adalah 80,09%. Berdasarkan persentase aktivitas siswa baik secara individu maupun kelompok dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, dan dapat dikategorikan sangat aktif dalam pembelajaran. Analisis skor akhir siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan yang ditetapkan Depdiknas karena hanya mencapai persentase 66,67%. Siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 24 dan siswa yang tidak tuntas 12 siswa. Namun pada siklus II terjadi peningkatan yaitu mencapai 80,56%. Dengan demikian pembelajaran model ARIAS dengan Authentic Assessment dapat dikatakan berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, pembelajaran model ARIAS dengan authentic assessment telah dilaksanakan dengan baik dan lancar walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya. Penelitian ini dikatakan berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran operasi bilangan pecahan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/891
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository