PEMBELAJARAN MODEL ARIAS DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL DI MTs NEGERI GENTENG
Abstract
Dari  hasil  wawancara  dengan  guru  bidang  studi  di  MTs  Negeri  Genteng 
diperoleh  informasi  bahwa  aktivitas  dan  hasil  belajar  matematika  siswa  kelas  VIIB 
MTs Negeri Genteng dapat dikatakan masih rendah. Hal ini disebabkan siswa belum 
memahami  dan  masih  kesulitan  dalam  mempelajari  matematika  karena  sistem 
pembelajaran  yang  tidak  memberikan  kesempatan  siswa  aktif  dalam  proses 
pembelajaran. 
Pembelajaran  model  ARIAS  dengan  authentic  assessment  merupakan 
pembelajaran  untuk  menanamkan  rasa  percaya  diri  pada  siswa  sehingga  bisa 
menampilkan  prestasi  yang  baik.  Siswa  juga  diberi  relevansi  dari  materi  yang 
disampaikan  dengan  kehidupan  sehari-hari  mereka,  sehingga  menimbulkan 
perhatian/minat  siswa  pada  materi  yang  akan  disampaikan.  Setelah  itu  siswa 
diberikan  evaluasi  terhadap  hasil  belajar  dengan  menggunakan  penilaian  sebenarnya 
(Authentic Assessment) yang tidak hanya menilai dari aspek hasil akhir pembelajaran, 
namun juga meninjau dari aspek proses dan kinerja siswa,  yang kemudian diberikan 
penguatan  berupa  penghargaan  atas  prestasi  yang  ditampilkan.  Tujuan  yang  ingin 
dicapai  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  penerapan,  aktivitas  dan 
ketuntasan  hasil  belajar  operasi  bilangan  pecahan  setelah  penerapan  pembelajaran 
model ARIAS dengan Authentic Assessment. 
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB MTs Negeri Genteng tahun ajaran 
2011/2012,  yang  berjumlah  36  siswa.  Alasan  pemilihan  kelas  karena  mempunyai 
siswa dengan tingkat kemampuan yang bervariasi. Metode pengumpulan data  adalah 
tes, wawancara, dan observasi.  Pembelajaran  model  ARIAS  dengan  authentic  assessment  dilakukan  dalam  2 
siklus,  yaitu  siklus  1  pada  materi  penjumlahan,  pengurangan  dan  perkalian  pecahan 
dan siklus 2 pada materi pembagian dan perpangkatan pecahan. Pembelajaran Model 
ARIAS  dengan  Authentic  Assessment  untuk  Meningkatkan  Hasil  Belajar  Operasi 
Bilangan  Pecahan  Siswa  Kelas  VII  Semester  Ganjil  di  MTs  Negeri  Genteng  dapat 
terlaksana dengan lancar, meskipun ada beberapa kendala,  yaitu siswa tidak terbiasa 
melakukan  diskusi  kelompok  sehingga  mereka  belum  bisa  memanfaatkannya  dan 
sulitnya menimbulkan kepercayaan diri siswa dengan waktu yang relative singkat. 
Persentase aktivitas individu siswa pada siklus I adalah 68,14% dan pada siklus 
II  adalah  77,97%,  sedangkan  pada  aktivitas  kelompok  pada  siklus  I  adalah  68,05% 
dan pada siklu  II adalah  80,09%. Berdasarkan persentase aktivitas siswa baik secara 
individu  maupun  kelompok  dari  siklus  I  ke  siklus  II  mengalami  peningkatan,  dan 
dapat dikategorikan sangat aktif dalam pembelajaran. 
Analisis  skor  akhir  siswa  pada  siklus  I  belum  mencapai  ketuntasan  yang 
ditetapkan Depdiknas karena hanya mencapai persentase 66,67%. Siswa  yang tuntas 
belajar pada siklus I sebanyak 24 dan siswa yang tidak tuntas 12 siswa. Namun pada 
siklus II terjadi peningkatan yaitu mencapai 80,56%. Dengan demikian pembelajaran 
model  ARIAS  dengan  Authentic  Assessment  dapat  dikatakan  berhasil  ditinjau  dari 
ketuntasan belajar siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. 
Secara  keseluruhan  ditinjau  dari  persentase  aktivitas  siswa  dan  guru, 
pembelajaran  model  ARIAS  dengan  authentic  assessment  telah  dilaksanakan  dengan 
baik dan lancar walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya. Penelitian 
ini  dikatakan  berhasil  ditinjau  dari  ketuntasan  belajar  siswa  dan  mampu 
meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran operasi bilangan pecahan.
