• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Kegiatan Jual Beli di SDN Kepatihan 06 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Linda Yanti - 140210204119-ilovepdf-compressed.pdf (3.306Mb)
    Date
    2018-12-03
    Author
    Yanti, Linda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan metode yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif di dalam kelas serta hasil belajar yang kurang optimal. Metode bermain peran merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan potensi siswa memahami materi pembelajaran melalui sarana yang menyenangkan sehingga merangsang siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa kelas III tema kegiatan jual beli di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa kelas III tema kegiatan jual beli di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain intact-group comparison. Hasil uji homogenitas diperoleh hasil to sebesar 0,164. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t-tabel, diketahui db = yaitu (35 + 34) – 2 = 67 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 0, 05. Hasil uji t menunjukkan bahwa to < tt (0,164 > 0,05), sehingga dapat dinyatakan bahwa keadaan kedua kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Hasil penelitian menunjukkan pada hasil uji-t ranah kognitif skor thitung sebesar 6,646 dan selanjutnya skor thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel, db = 48 pada taraf signifikan 5%, sehingga diperoleh ttabel sebesar 1.996. Jadi, hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,646 > 1,996). hasil uji-t ranah afektif dikonsultasikan pada tabel kritik t pada db 58 dan pada signifikansi 0,05, diperoleh thitung > ttabel yaitu (5,792 > 1,996), dan hasil uji-t ranah psikomotor dikonsultasikan pada tabel kritik t pada db 58 dan pada signifikansi 0,05, diperoleh thitung > ttabel (8,464 > 1,996), Berdasarkan hal tersebut, artinya Ha yang menyatakan bahwa ada pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa tema kegiatan jual beli di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar tema kegiatan jual beli di SDN Kepatihan 06 Jember. Metode bermain peran ini diharapkan menjadi metode alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah agar tercipta suasana pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Penerapan metode bermain peran diharapkan guru dapat mendesain teks drama yang menarik untuk siswa dan membentuk kelompok secara heterogen agar kemampuan siswa pada masing-masing kelompok merata.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88907
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15375]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository