• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE TAUTAN ANTARA KATA DAN VISUALISASI KATA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN 3 LATENG

    Thumbnail
    View/Open
    WAHYU SUPRIHATININGSIH.pdf (57.87Kb)
    Date
    2013-12-14
    Author
    WAHYU SUPRIHATININGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tuntutan membaca bagi anak–anak yang belajar di kelas dua telah membuat guru–guru mengalami kesulitan mengajar dan mengambil jalan pintas yaitu mangajar anak–anak sebagaimana layaknya anak usia sekolah dasar. Sedangkan para ahli pendidikan anak mengingatkan bahwa anak–anak masih berfikir konkrit belum mampu berfikir abstrak. Masalah di lapangan ini memberi inspirasi dilakukan penelitian tindakan kelas untuk pengembangan berbahasa anak agar berkemampuan membaca tanpa anak mengalami kejenuhan belajar, ketertekananan belajar, ketidakmampuan belajar yaitu dengan mengajarkan anak membaca dengan ilustrasi gambar sebagai medianya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan rancangannya berupa penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian dipilih penelitian studi kasus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Siklus 1 mengajarkan anak–anak membaca melalui media lembaran-lembaran cerita bergambar yang disusun oleh siswa. Pada siklus 2 dilakukan lebih kompleks dengan menjadikan lingkungan kelas dipenuhi dengan gambar dan diinteraksikan dalam kegiatan belajar anak, lingkungan didesain dengan media ambar yang merangsang anak untuk berkemampuan membaca kalimat per kalimat dalam suatu paragraf melalui media gambar. Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahwa pembelajaran membaca melalui media cerita gambar dapat meningkatkan perolehan belajar efektif bagi anak kelas II di SDN Lateng 3 Banyuwangi, (2) Media gambar yang dapat dipergunakan mengajar membaca bagi anak–anak kelas II SDN 3 Lateng, selain gambar yang ditempel di papan tulis juga semua benda, hiasan ruang kelas dapat dijadikan media belajar dengan menempeli gambar dan aturan kelas yang diilustrasikan dalam gambar, dan (3) Strategi pembelajaran yang efektif dengan menggunakan medi a gambar dalam mengajar membaca bagi anak – anak kelas II adalah terjadinya proses belajar aktif (active learning process) dan belajar yang dipusatkan pada potensi dasar individu anak (child center learning) serta menjadikan semua sarana lingkungan kelas menjadi media belajar. Saran-saran: pembelajaran anak sangat dipengaruhi oleh ilmu perkembangan jiwa anak, kemampuan berfikir konkrit, keunikan individu anak, dan profesionalisme guru dalam melakukan improvisasi pembelajaran agar menjadi efektif. Konsep belajar sambil bermain, dan belajar menyenangkan tentu harus senantiasa dikedepankan dalam pendidikan anak-anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8889
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository