MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN JATIAN 03
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar,
baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya
kesastraan manusia Indonesia.
Hasil observasi pada siswa kelas IV menunjukkan masih banyak siswa yang
sering kebingungan jika mendapat tugas untuk mendeskripsikan sebuah alat, baik
secara individu maupun kelompok. Mereka bingung bagaimana cara mendeskripsikan
sebuah alat dengan benar.
Berdasarkan hasil observasi dapat dikemukakan rumusan masalahnya yaitu
bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran Bahasa
Indonesia pokok bahasan menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar dan
bagaimanakah Meningkatkan hasil belajar siswa setelah penerapan media gambar.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar
siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
pokok bahasan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Jatian 03 dan Meningkatkan
aktifitas belajar siswa setelah penerapan media gambar pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia pokok bahasan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Jatian 03.
Berdasarkan hal tersebut, untuk memperbaiki dan meningkatkan
pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis desripsi diperlukan alternatif
pemecah masalah yaitu dengan menggunakan media gambar. Salah satu media yang
dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan akademik adalah media gambar.
Karena dengan menggunakan media gambar siswa dapat lebih mudah
mendapatkannya dan sangat evisien penggunaannya.