Pengaruh Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian (Studi Kasus Di Matahari Lippo Plaza Jember)
Abstract
Kegiatan promosi dilaksanakan untuk mempengaruhi keinginan konsumen dalam memutuskan pembelian. Promosi juga dilakukan untuk mengkomunikasikan kepada konsumen agar tertarik dan membeli produk di perusahaan tersebut. Menghadapi persaingan industri ritel yang semakin ketat, Matahari telah melakukan berbagai macam strategi guna mempertahankan dan menarik konsumen. Strategi tersebut yaitu menerapkan strategi pemberian potongan harga, memberikan kupon belanja dengan nominal tertentu kepada para pelanggan, menjamin kelengkapan dan kualitas produk yang tersedia di dalam toko. Hal ini lebih mudah mempengaruhi pelanggan memutuskan untuk berbelanja produk pakaian di Matahari. Potongan harga atau diskon sendiri dapat dijelaskan sebagai tujuan perusahaan untuk meningkatkan penjualan item produk tertentu.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara potongan harga terhadap keputusan pembelian pakaian di Matahari Lippo Plaza Jember, sehingga hipotesis dalam penelitian ini yaitu diduga ada pengaruh yang signifikan potongan harga terhadap keputusan pembelian pakaian di Matahari Lippo Plaza Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Matahari Lippo Plaza Jember yang terletak di di Jalan Gajah Mada No. 106 Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131. Untuk menentukan jumlah sampel penelitian menggunakan teknik sampling insidental. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 responden. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode angket, dan metode wawancara. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara potongan harga terhadap keputusan pembelian pakaian di Matahari Lippo Plaza Jember. Hipotesis yang menyatakan bahwa diduga ada pengaruh yang signifikan potongan harga terhadap keputusan pembelian pakaian (studi kasus di Matahari Lippo Plaza Jember) diterima atau mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini artinya hipotesis tersebut terjawab secara benar potongan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 80,5%, sedangkan sisanya yaitu 19,5% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti lokasi, tingkat harga, merek, dan lain-lain.
Hasil penelitian menyatakan bahwa potongan harga yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen di Matahari Lippo Plaza Jember. Oleh karena itu, dengan adanya potongan harga pada produk yang tinggi menyebabkan keputusan pembelian pakaian oleh konsumen juga semakin tinggi.