• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Tahapan Polya

    Thumbnail
    View/Open
    Ratmaja Dwi Pradana_100210101112 Sdh.pdf (5.901Mb)
    Date
    2018-11-27
    Author
    Pradana, Ratmaja Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran mandiri dan membantu berpindah dari pengajaran yang mendidik. Semakin banyak siswa belajar secara mandiri, maka semakin efektif pula mereka menjadi seorang pelajar. Kemampuan pemecahan masalah siswa memiliki keterkaitan dengan tahap menyelesaikan masalah matematika. Menurut Polya (1973:6), tahap pemecahan masalah meliputi: (1) memahami masalah, (2) membuat rencana penyelesaian, (3) melaksanakan rencana, dan (4) melihat kembali. Hal ini dimaksudkan supaya siswa lebih terampil dalam menyelesaikan masalah matematika, yaitu terampil dalam menjalankan prosedur-prosedur dalam masalah secara cepat dan cermat yang diungkapkan oleh Hudojo, sebagaimana dikutip oleh Yuwono (2010:40). Pemecahan masalah menjadi penting dalam tujuan pendidikan matematika disebabkan dalam kehidupan sehari-hari manusia memang tidak pernah dapat lepas dari masalah. Aktivitas memecahkan masalah dapat dianggap suatu aktivitas dasar manusia. Masalah harus dicari jalan keluarnya oleh manusia itu sendiri, jika tidak mau dikalahkan oleh kehidupan. Adanya penelitian mengenai Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Tahapan Polya ini diharapkan dapat menjadi kajian yang mendalam mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Sebelum pengambilan data, terlebih dahulu dilakukan persiapan dengan membuat instrument penelitian berupa soal tes yang selanjutnya dilakukan validasi kepada dua validator. Pengambilan data dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri Balung dengan memberikan soal tes materi fungsi dan fungsi komposisi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88488
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository