Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Ulang Konsumen Kebun Binatang Bali Safari & Marine Park di Kabupaten Gianyar Bali
Abstract
Pulau Bali merupakan daerah tujuan wisata terkenal di Indonesia. Pulau Bali juga merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Pulau Bali memiliki banyak pariwisata yang terkenal dengan keunikan dan kental dengan budayanya. Setiap daerah ataupun wilayah memiliki upaya untuk meningkatkan daerahnya masing-masing. Pulau Bali memiliki berbagai macam pariwisata, namun hanya memiliki 2 objek wisata kebun binatang salah satunya berada di Kabupaten Gianyar yaitu Bali Safari & Marine Park. Objek wisata kebun binatang Bali Safari & Marine Park berbeda dengan kebun binatang pada umumnya. Binatang dibiarkan hidup di alam bebas seperti habitat aslinya. Satwa yang ada di Bali Safari & Marine Park berasal dari 3 negara yaitu Indonesia, Afrika dan India. Fasilitas yang ditawarkan oleh Bali Safari & Marine Park cukup lengkap, diantaranya lahan parkir yang luas, restoran, hotel, mushollah, toilet, area fun zone, peken bali dan masih banyak lagi. Masalah yang terjadi pada objek wisata kebun binatang Bali Safari & Marine Park adalah melihat konsep yang berbeda serta fasilitas yang ditawarkan bagaimana pengunjung memiliki minat untuk berkunjung ulang ke Bali Safari & Marine Park, dengan mempertimbangkan kualitas pelayanan yang diberikan dan harga yang ditawarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap minat berkunjung ulang konsumen kebun binatang Bali Safari & Marine Park di Kabupaten Gianyar Bali. Metode pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 110 responden yang pernah berkunjung ke objek wisata kebun binatang Bali Safari & Marine Park di Kabupaten Gianyar Bali minimal 1 kali kunjungan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif serta menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden dengan menyebar kuesioner kepada sampel pengunjung objek wisata kebun binatang Bali Safari & Marine Park. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan yang dapat mendukung penelitian ini seperti jurnal ilmiah, buku, artikel dan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang digunakan yaitu kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ulang konsumen objek wisata kebun binatang Bali Safari & Marine Park di Kabupaten Gianyar Bali, sedangkan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ulang konsumen objek wisata kebun binatang Bali Safari & Marine Park di Kabupaten Gianyar Bali.