• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018)

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Mukharomah - 140210301015_.pdf (3.188Mb)
    Date
    2018-11-22
    Author
    MUKHAROMAH, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember KD menyusun laporan keuangan perusahaan jasa Semester Genap tahun ajaran 2017/2018, serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi pada KD menyusun laporan keuangan perusahaan jasa semester Genap tahun ajaran 2017/2018. Indikator aktivitas belajar siswa yaitu siswa membaca materi laporan keuangan perusahaan jasa, siswa berdiskusi dengan teman tentang laporan keuangan perusahaan jasa, siswa bertanya tentang laporan keuangan perusahaan jasa, siswa menyimak penjelasan dari guru tentang laporan keuangan perusahaan jasa, siswa membuat catatan tentang kajian laporan keuangan prusahaan jasa, siswa menanggapi pendapat teman atau guru, siswa mengerjakan tes dengan kemampuan sendiri tentang laporan keuangan perusahaan jasa dan siswa merasa bersemangat dalam mengikuti pelajaran akuntansi pada KD menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa dalam kategori sedang yaitu 2,6 meningkat menjadi 3,1 kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan hasil belajar sisw adilihat dari nilai ulangan harian siswa pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 77,3 dan ketuntasan belajar secara klasikal 79%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 82,2 dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 85%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran akuntansi kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember agar model pembelajaran berbasis proyek ini dapat dijadikan alternatif penerapan model dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada KD menyusun laporan keuangan perusahaan jasa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88410
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository