• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Jenis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Listrik Statis di MAN 6 Jombang

    Thumbnail
    View/Open
    SITI JUWARIYAH - 140210102095_.pdf (5.727Mb)
    Date
    2018-11-22
    Author
    JUWARIYAH, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa masih banyak siswa MAN 6 Jombang yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal fisika materi listrik. Adapun persentase Kesalahan Terjemah siswa MAN 6 Jombang sebesar 42,88% yang berarti kategori kesalahan sedang. Penyebab Kesalahan Terjemah siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak teliti dalam membaca soal, tidak terbiasa menuliskan data-data yang diketahui dan ditanyakan pada soal, tidak mengerti maksud yang ditanyakan pada soal, tidak teliti dalam mengkonversikan satuan, terbiasa untuk menjawab soal tanpa mengkonversikan ke satuan SI, dan siswa tidak mengetahui tulisan dari satuan yang digunakan. Adapun persentase Kesalahan Konsep siswa MAN 6 Jombang sebesar 54,51% yang berarti kategori kesalahan sedang. Penyebab Kesalahan Konsep siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak membaca petunjuk pengerjaan soal, tidak teliti dalam membaca soal, tidak memahami materi, dan tidak mengetahui maksud soal. Adapun persentase Kesalahan Strategi siswa MAN 6 Jombang sebesar 15,88% yang berarti kategori kesalahan rendah. Penyebab Kesalahan Strategi siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak teliti dalam menjawab soal yang diberikan, tidak memahami maksud soal, tidak teliti membaca dan memahami soal, tidak memahami maksud soal, tidak mengetahui langkah akhir penyelesaian. Adapun persentase Kesalahan Hitung siswa MAN 6 Jombang sebesar 1,76% yang berarti kategori kesalahan sangat rendah. Penyebab Kesalahan Hitung siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak teliti dalam melakukan operasi hitung. Hasil penelitian yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa peresentase kesalahan paling tinggi yang dilakukan siswa MAN 6 Jombang adalah Kesalahan Konsep yaitu sebesar 51,18%, sedangkan persentase kesalahan paling rendah adalah Kesalahan Hitung yaitu sebesar 1,76%. Penelitian ini memberikan manfaat yaitu guru dapat mengetahui letak kesalahan siswa, sehingga guru dapat segera memberikan penanganan yang tepat dan mengurangi kesalahan siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88406
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository