Efektivitas Pengajaran Bahasa Inggris melalui Media Lagu bagi Siswa Program Early Learners di EF English First Nusantara Jember
Abstract
Di era globalisasi, bangsa Indonesia mempersiapkan generasi yang mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Maka pengimsaan bahasa Inggris menuntut adanya kualitas pendidikan bahasa Inggris yang bagus, begitu juga dengan peningkatan pelayanan. Pengetahuan tentang bahasa Inggris ini telah kita peroleh sejak kita duduk dibangku sekolah dasar dan untuk lebih luasnya kita bisa mendapatkannya dengan mengikuti kursus-kursus bahasa asing yang telah menjamur di Indonesia. Para pemula khususnya anak-anak akan cepat bosan ketika menerima pengajaran dengan metode pengajaran yang berupa teori dan hanya melihat buku, maka diperlukan metode khusus. Salah satunya dengan menyediakan media pengajaran yang membuat anak-anak lebih mengerti dan menyukai bahasa asing. Media pengajaran haruslah media yang paling baik. Pengertian baik dan buruknya suatu media tidak dapat diukur dari mewahnya peralatan yang digunakan, akan tetapi diukur dari seberapa jauh media tersebut dapat menunjang tercapainya tujuan pengajaran. Penulis memilih media pengajaran lagu sebagai media yang memudahkan siswa dalam menerima materi. Melalui metode ini siswa tidak akan merasa bosan selama pelajaran berlangsung. Mereka akan merasa tidak sedang belajar melainkan sedang bersenang-senang dengan mendengarkan lagu. Oleh karena itu, untuk penyusunan laporan ini, penulis mengambil judul "EFEKTIVITAS PENGAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA LAGU BAGI SISWA PROGRAM EARLY LEARNERS DI EF ENGLISH FIRST NUSANTARA JEMBER". Laporan ini disusun berdasarkan sumber yang diperoleh dari Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris yaitu EF English First Nusantara Jember.