Bahasa Inggris sebagai Faktor Pendukung Kinerja Karyawan Food and Beverage Service di Hotel Panorama Jember
Abstract
Hotel merupakan usaha pelayanan di bidang jasa dalam dunia pariwisata. Untuk mem pertahankan dan meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke hotel, pihak hotel berusaha sebaik mungkin agar sarana dan prasana yang ada dapat memberikan kepuasan bagi para pelanggan, misalnya pada Hotel Panorama Jember. Pada hotel ini terdapat beberapa fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pihak hotel untuk para pelanggan. Selain itu juga terdapat beberapa departemen yang memiliki tugas dan tanggung-jawab yang berbeda, salah satunya adalah food and beverage service department. Departemen ini merupakan bagian dari beberapa departemen yang ada di Hotel Panorama Jember yang tugasnya menawarkan jasa dalam menjual makanan dan minuman, serta menyediakan dan melayani tamu sebaik mungkin. Oleh karena itu para karyawan food and beverage service khususnya para waiter dan waitress perlu mempelajari dan mengusai bahasa asing terutama bahasa Inggris, sebab mereka berhubungan langsung dengan pelanggan. Apalagi sering di jumpai pelanggan dari mancanegara yang datang ke Hotel Panorama Jember. Dengan mengusai bahasa Inggris mereka dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada para pelanggan yang berasal dari luar negeri tanpa adanya kesalahpahaman. Tetapi kenyataannya di Hotel Panorama Jember belum diterapkan penggunaan bahasa Inggris bagi para karyawan hotel khususnya pada bagian food and beverage service. Sehingga mereka tidak dapat berkomunikasi dengan baik terhadap para tamu mancanegara.