Peran Waiters/Waitress Dalam Meningkatkan Kepuasan Customers Di Restoran Bumbu Desa Aston Hotel and Conference Center
Abstract
Food and beverage department merupakan salah satu department yang berperan penting dalam kelangsungan operasional dalam hal pelayanan makanan dan minuman. Food and beverage department adalah departemen yang menangani semua makanan dan minuman di suatu hotel dari mulai pemilihan bahan, persiapan, rasa, kualitas, penampilan dan juga harga yang ditawarkan kepada tamu termasuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu sesuai dengan standar dari masingmasing hotel. Restoran Bumbu Desa dalam melayani customers mempunyai standar yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan customers. Hal tersebut harus dilakukan oleh seluruh staff restoran dalam hal ini waiters/waitress. Upaya meningkatkan kepuasan customers dilakukan dengan cara menciptakan kesan yang baik melalui excellent service, professional dalam up selling, menciptakan inovasi produk yang baru dan menerima masukan dari customers. Selanjutnya, seorang waiters/waitress harus mampu meminimalisir complain dari tamu. Seorang waiters/waitress harus mampu menguasai dan menerapkan excellent service untuk memastikan bahwa tamu dilayani dengan baik, konsisten dan tidak merasa dibedakan. Penerapan SOP apabila dilakukan secara disiplin juga dapat memenuhi harapan tamu.