• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Realisasi Kesantunan Berbahasa Siswa Terhadap Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Di Sma Negeri Ambulu

    Thumbnail
    View/Open
    Irlin Nur Mentari-140210402052 Sdh.pdf (1.128Mb)
    Date
    2018-11-15
    Author
    Mentari, Irlin Nor
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesantunan berbahasa merupakan wujud dari suatu tindakan yang dapat tercermin dalam tata cara komunikasi melalui tanda verbal dan non-verbal yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam masyarakat pengguna bahasa. Kesantunan selalu dikaitkan dengan cara berkomunikasi yang dilihat dari segmen tutur serta konteks tutur saat peristiwa tutur berlangsung. Kesantunan berbahasa hadir dengan tujuan untuk mewujudkan komunikasi efektif dan membangun hubungan interpersonal dalam interaksi serta memperkecil potensi konflik. Belajar bahasa terkait dengan tindak santun berbahasa sebenarnya sudah diajarkan sejak dini dalam dunia pendidikan, mulai dari pendidikan pertama yakni dalam lingkungan keluarga yang kemudian dilanjutkan ke jenjang pendidikan formal. Belajar kesantunan sangat diperlukan dalam struktur kehidupan sosial dan masyarakat karena kesantunan merupakan wujud ekspresi hubungan sosial dan tindak verbal. Oleh sebab itu, dengan mempelajari kesantunan berbahasa akan dapat memperkecil ketegangan hubungan tiap-tiap individu yang muncul dari berbagai maksud komunikasi yang bertentangan dengan berbagai kebutuhan dan status sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pematuhan dan bentuk pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa siswa terhadap guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri Ambulu. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah segmen tutur siswa beserta konteksnya yang diindikasikan memuat pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yang di dalamnya terdapat kegiatan merekam dan simak catat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88041
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository