• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Pembelajaran (Inkuiri dan Resitasi ) dan Gaya Belajar Kognitif terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajaran 2015 / 2016

    Thumbnail
    View/Open
    TRI SUSILO-140220303019_1.pdf (2.351Mb)
    Date
    2018-11-14
    Author
    SUSILO, Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode Pembelajaran yang sesuai pelajaran sangat menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam memahami pelajaran. Dalam hal ini Pendidik berperan penting sebagai fasilitator penentu metode Peserta didikan dalam pembentukan pola pikir dan pemahaman Peserta didik yang berkualitas.Pendidikan dalam prakteknya, tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan belajar, yaitu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Dengan kata lain berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami peserta didik. Sedangkan proses belajar mengajar yang dilakukan sebagian Pendidik masih berpusat pada Pendidik saja. Peserta didik kurang dilibatkan secara aktif dalam kegiatan belajar, sehingga proses Peserta didikan kurang memberikan kesempatan kepada Peserta didik untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimana pengaruh metodePembelajaran Inkuiri dan Resitasiterhadap hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016. (2), Bagaimana pengaruh gaya belajar Kognitif Field Independent dan Field Dependent terhadap hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016. (3), Bagaimana Interaksi antara metode Pembelajaran Inkuiri dan Resitasidan gaya belajar Field Independent dan Field Dependent terhadap hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016 Secara umum, tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh metode Pembelajaran Inkuiri dan Resitasi. (2)untuk mengetahui pengaruh gaya belajar Field Independent dan Field Dependent terhadap hasil belajar (3) untuk mengetahui interaksi antara metode pembelajaran inkuiri dan resitasi dan gaya belajar indpendence dan fiel dependent terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016. Manfaat penelitian ini untuk praktisi pendidikan agar bisa menjadi landasan untuk terus mengembangkan dan meningkatkan inovasi metode dalam pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data nilai tes penggunaan metode Peserta didikan inkuiri, resitasi, gaya belajar kognitif (field independent dan field dependent) terhadap hasil belajar Peserta didik. Selanjutnya, peneliti mengolah data pretes dan postes hasil penelitian, maka peneliti menggunakan program SPSS 24.0 for windows.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88029
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository