Penerapan Model pembelajaran Inquiring Minds Want To Know untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pembelajaran Sejarah pada Kelas XI IPS 1 di SMAN Ambulu Tahun Ajaran 2017-2018
Abstract
Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS 1 adalah pendidik masih menggunakan media pembelajaran gambar kurang disukai oleh peserta didik. Media yang digunakan pendidik sama dengan sebelumnya sehingga aktivitas dan hasil belajar sejarah peserta didik rendah. Rendahnya aktivitas peserta didik terlihat dari kurangnya peserta didik dalammemperhatikan penjelasan pendidik, mengajukan pertanyaan, memecahkan masalah, menyimpulkan materi, dan kemampuan menganalisis. Rendahnya hasil belajar terlihat dari rata-rata nilai klasikal yang belum tuntas. Standar nilai ketuntasan di sekolah adalah 75. Berdasarkan latar belakang tersebut model pembelajaran Inquiring Minds Want to Know digunakan utuk memperbaiki permasalahan kurangnya aktivitas dan hasil belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah penerapan model pembelajaran inquiring minds want to know dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN Ambulu Kabupaten Jember semester genap tahun pembelajaran 2017-2018; (2) apakah penerapan model pembelajaran inquiring minds want to know dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN Ambulu Kabupaten Jember semester genap tahun pembelajaran 2017-2018.