• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kebijakan Anggaran Responsif Gender Pada Urusan Pendidikan Dalam APBD Kabupaten Jember Tahun 2016

    Thumbnail
    View/Open
    Megawati Kariyono Putri - 130910201021_1.pdf (2.788Mb)
    Date
    2018-11-13
    Author
    Putri, Megawati Kariyono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan utama yang hendak dicapai dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebijakan anggaran responsif gender pada urusan pendidikan dalam APBD Kabupaten Jember Tahun 2016. Hal ini penting untuk memahami bagaimana keseriusan pemerintah mampu mengintegrasikan isu gender dalam membuat kebijakan dan program yang bermanfaat adil bagi perempuan mapun lakilaki melalui proporsi anggaran yang tidak bias gender. Tidak sedikit penelitian menunjukan bahwa sampai saat ini masih banyak kebijakan dan program pembangunan di Indonesia yang belum sensitif gender yang bermuara pada terjadinya ketidakadilan gender. Ketidakadilan gender ini terutama dirasakan oleh kaum perempuan, anak, dan kaum miskin. Hal ini dapat dibuktikan dari proporsi anggaran yang diperuntukan untuk kepentingan perempuan yang masih relatif kecil, seperti anggaran untuk pelayanan dasar di bidang pendidikan. Di bidang pendidikan perempuan, anak dan kaum miskin, merupakan kelompok terbesar yang buta huruf dan mengalami drop out. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah pihak eksekutif, legislatif, SKPD Dinas Pendidikan dan NGO terkait. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, catatan lapangan, penggunaan dokumen dan rekaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Fokus penelitian adalah menganalisis kebijakan strategis, kebijakan operasional baik secara makro maupun mikro dan menganalisis kebijakan anggaran responsif gender pada urusan pendidikan tahun 2016 dengan pembanding satu tahun sebelumnya. Dalam menganalisis kebijakan anggaran responsif gender pada urusan pendidikan dibagi menjadi analisis berdasarkan kriteria umum anggaran responsif gender dan belanja pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87937
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository