Pengembangan Media Double-Display untuk Pembelajaran Fisika pada materi Cahaya dan Optik di SMK Teknologi dan Rekayasa
Abstract
Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana
belajar yang menarik dan kondusif yaitu dengan menggunakan media Double-
Display. Media Double-Display merupakan sebuah media animasi yang memadukan
semua visualisasi berupa verbal, grafik, gambar, audio, animasi, dan video menjadi
sebuah tampilan yang simple dengan tampilan ganda. Double-Display dapat diartikan
dua tampilan. Media Double-Display dirancang dengan memadukan dua tampilan
yakni tampilan pertama berisi tentang gejala fisika dalam kehidupan sehari – hari
yang dapat di lihat dari video dan tampilan yang lain menunjukkan bagaimana proses
gejala fisika itu terjadi. Media Double-Display mampu mengakomodasi semua
kegiatan pembelajaran interaktif seperti mendengarkan, membaca, menulis dan juga
permainan, Salah satu materi pembelajaran yang dibuat ke dalam media Double-
Display adalah Cahaya dan Optik. Materi yang diambil adalah pokok bahasan pada
kelas XI SMK, dikarenakan media Double-Display dirasa cocok untuk diterapkan
pada materi tersebut. Dengan demikian peneliti ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis
validitas hasil pengembangan media Double-Display untuk Pembelajaran Fisika
pokok bahasan cahaya dan optik; 2) Menganalisis kepraktisan hasil pengembangan
media Double-Display untuk Pembelajaran Fisika pokok bahasan cahaya dan optik; 3) Menganalisis keefektifan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Double-
Display untuk Pembelajaran Fisika pokok bahasan cahaya dan optik