Pengalaman Social Audit di Inggris, Australia dan India Sebagai Benchmark Pengembangan Social Audit di Indonesia
Abstract
Penerapan Social Audit telah berkembang di Inggris, Australia dan India.
Social audit bermanfaat untuk memverifikasi, memeriksa, mengevaluasi dan
mengawasi penerapan CSR. Sejauh ini Indonesia hanya menerapkan jasa external
assurance untuk laporan CSR nya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
usulan konsep penerapan social audit di Indonesia berdasarkan pengalaman
penerapan social audit di Inggris, Australia dan India.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan penerapan
social audit. Penerapan external assurance atas laporan CSR dapat dipadukan
dengan konsep Social Accounting and Auditing (SAA) dan Social Return on
Investment (SROI) untuk menganalisis dampak dan manfaat penerapan CSR
terhadap masyarakat dan lingkungan, sehingga laporan CSR yang ada tidak
sekedar menjadi pelaporan kuantitas program CSR tetapi juga yang menyajikan
konten informasi kualitas penerapan CSR itu sendiri.
Collections
- MT-Accounting [51]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Peran Mise-En-Scene Terhadap Perubahan Perilaku Tokoh Pendukung Dalam Film Horor Mama
LEVI, Pradini (2018-11-30)Film horor memang sengaja dirancang untuk menimbulkan dan memberikan efek teror, cemas, takut bagi penonton dan bahkan efeknya terbawa setelah menontonnya. Salah satu film horor yang terkenal yaitu film horor MAMA, karya ... -
Implementing Islamic Corporate Governance (ICG) And Islamic Social Reporting (ISR) In Islamic Financial Institution (IFI)
Indrawaty; Wardayati, Siti Maria (2017-01-23)Today CSR also growing in Islamic Financial institution (IFI). This study aims to explain ICG relations with the ISR on its Islamic banking in Indonesia based on the study of literature and research result on similar theme. -
STRATEGIC CSR, PRODUCTION PERFORMANCE, AND BUSINESS EFFICIENCY IN SUGAR FACTORIES
Sayekti, Yosefa; Kurrohman, Taufik; Titisari, Purnamie (2017-02-27)Nowadays, Corporate Social Responsibility (CSR) is considered as part of companies’ business strategy, and not a companies’ obligation per se. The Corporation Act No. 40/2007 and the Law No. 19/2003 concering ...