• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Digital Sejarah Lokal Kabupaten Jember Berbasis Web PHP (Hypertext Preprocessor) Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Dengan Menggunakan Model ADDIE

    Thumbnail
    View/Open
    Abdul Hannan - 130210302072_1.pdf (4.596Mb)
    Date
    2018-11-08
    Author
    Hannan, Abdul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tuntutan kurikulum 2013 mengharuskan pendidik memiliki kreativitas dan kemampuan untuk mengembangkan materi dan media pembelajaran yang disusun berdasarkan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Sebagaimana berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 10, bahwa Guru wajib memiliki kompetensi, salah satunya kompetensi profesional. Kompetensi profesional tersebut salah satunya kemampuan pendidik untuk merancang dan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar salah satunya adalah melalui pengembangan modul digital. Hasil observasi penulis menggunakan instrumen angket dalam penelitian ini menemukan daya tarik peserta didik dalam pembelajaran sejarah Indonesia di SMA Negeri Se-Kotatif Jember rendah dengan rincian: (1) ketertarikan peserta didik terhadap media dan bahan ajar sebesar 56%; (2) penggunaan bahan ajar hanya menggunakan 79% Buku Teks dan 57% LKS; (3) isi materi bahan ajar yang digunakan masih bersifat makro (nasional) dan kurang memiliki pengetahuan sejarah yang bersifat mikro (lokal/kedaerahan); (4) peserta didik bosan dengan penyampaian pendidik yang cenderung tidak menarik; dan (5) ketidaktahuan peserta didik terhadap materi sejarah lokal Kabupaten Jember khususnya materi perjuangan Rakyat Jember dan TNI dalam memertahankan kemerdekaan melawan Belanda sebesar 71%. Rumusan masalah dalam pengembangan ini adalah (1) bagaimanakah hasil validasi modul digital sejarah lokal Kabupaten Jember berbasis web PHP (Hypertext Preprocessor) mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI SMA dengan menggunakan model ADDIE?; (2) bagaimanakah tingkat kemenarikan modul ix digital sejarah lokal Kabupaten Jember berbasis web PHP (Hypertext Preprocessor) mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI SMA dengan menggunakan model ADDIE; (3) bagaimanakah tingkat efektivitas hasil belajar peserta didik dengan menggunakan modul digital sejarah lokal Kabupaten Jember berbasis web PHP (Hypertext Preprocessor) mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI SMA dengan menggunakan model ADDIE. Tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan modul digital sejarah lokal Kabupaten Jember berbasis web PHP (Hypertext Preprocessor) mata pelajaran sejarah Indonesia yang tervalidasi ahli dan layak. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan modul digital sejarah lokal Kabupaten Jember berbasis web PHP yang mengadaptasi dari model desain pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens model ADDIE, dengan lima tahapan yaitu Analyze/Assesment, Design, Develop, Implementation, Evaluate. Hasil analisis data dan pembahasan proses serta hasil pengembangan modul digital sejarah lokal Kabupaten Jember dengan menggunakan model ADDIE dapat ditarik kesimpulan, bahwa (1) uji coba ahli pada penilaian validasi ahli isi bidang studi sebesar 78% dengan kategori “baik”, ahli bahasa sebesar 87% dengan kategori “sangat baik”, ahli media dan desain pembelajaran sebesar 84% dengan kategori “baik”. Jadi, modul digital sejarah lokal Kabupaten Jember pada mata pelajaran sejarah Indonesia memiliki hasil jumlah rata-rata validitas ahli sebesar 83% dengan kategori tingkat validitas “tinggi”; (2) Tingkat kemenarikan modul digital sejarah lokal Kabupaten Jember pada uji coba perorangan tiga pendidik mata pelajaran sejarah Indonesia mendapat hasil rerata 82% dengan kategori “menarik”, uji coba kelompok kecil sebesar 86% dengan kategori “sangat menarik”, dan penggunaan modul digital pada uji lapangan (peserta didik) memiliki hasil uji kemenarikan sebesar 87% dengan kategori “sangat menarik” (3) Penggunaan modul digital sejarah lokal Kabupaten Jember dapat meningkatkan efektivitas hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah Indonesia sebesar 71% dengan kualifikasi “tinggi”, serta modul digital sejarah lokal Kabupaten Jember 75% dapat meningkatkan efektivitas hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah Indonesia dengan kualifikasi “sangat tinggi”.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87705
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository