• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Business Centre dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan Pemasaran SMKN 1 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Sri Wahyuni Diyah Rahayu - 140210301048.pdf (4.430Mb)
    Date
    2018-10-01
    Author
    RAHAYU, Sri wahyuni diyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tuntutan peran dan fungsi SMK dalam menciptakan lulusan yang berkompeten dan memiliki relevansi yang tinggi sesuai dengan tujuan SMK masih belum dapat diwujudkan dengan baik. Realita menunjukan lulusan SMK menjadi pengangguran terbuka paling tinggi. Sehingga perlu adanya upaya dalam menumbuhkan dan meningkatkan keterampilan siswa SMK agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Salah satunya dengan mengajarkan dan menanamkan minat kewirausahaan pada diri siswa. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu faktor internal dan faktor ekternal. Salah satunya adalah fasilitas business centre dan efikasi diri. Seseorang yang memiliki efikasi yang tinggi akan memiliki ketertarikan dalam berwirausaha dan mampu melakukan tugas berwirausaha dengan tekun dan siap menghadapi rintangan dalam berwirausaha. Sedangkan business centre merupakan wadah pembelajaran bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman langsung mengenai kegiatan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh business centre dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa jurusan pemasaran SMKN 1 Jember dan menemukan variabel yang lebih dominan mempengaruhi minat berwirausaha siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X Jurusan Pamasaran SMKN 1 Jember sebanyak 144 siswa. Sampling yang digunakan yaitu teknik proposional random sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 60 responden dan analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa business centre dan efikasi diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMKN 1 Jember sebesar 73,2% dan sisanya sebesar 26,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, Variabel yang dominan mempengaruhi minat adalah efikasi diri yaitu sebesar 45,2% sedangkan business centre 28%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87508
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository