Implementasi E-Commerce Pada Penjualan Tiket Online Berbasis Rail Ticket System Di Pt Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya Gubeng
Abstract
Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa PT Kereta Api Indonesia dalam menerapkan e-commerce pada penjualan tiket online menggunakan dua model yaitu Business to Consumer (B2C) dan Business to Business (B2B). Perusahaan menyediakan website, aplikasi KAI Access, dan Contact Center 121 bagi penumpang untuk melakukan reservasi secara online. Sedangkan untuk menerapkan model Business to Business, PT Kereta Api Indonesia bekerjasama dengan 26 mitra bisnis yaitu sejumlah minimarket (Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi), Biro Perjalanan (Rodex, Panorama tours, Asia Wisata, ATA Indonesia, Aero Ticket, dan Citos), Online Travel Agency (Traveloka, ticket.com, tokopedia, pegi-pegi, padiciti, oke tiket, tiketkai.com, via.com), Payment Point (Jatelindo, Pointer, Izone, Let’s Pay, PAC, CIMB Niaga, Sarana Yukti Bandhana) Gerai (Pos Indonesia) dan PT Finnet (penyedia vending machine) untuk penjualan tiket online kereta api.