Identifikasi Pemahaman Konsep Fluida Dinamis menggunakan Four Tier Test pada Siswa SMA di Jember
Abstract
Pemahaman konsep merupakan hal yang penting dalam pembelajaran. Berdasarakan standar isi mata pelajaran fisika, siswa dituntut dapat menguasai konsep dan prinsip fisika serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan, dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan uraian tersebut siswa dituntut untuk dapat memahami dan menguasai konsep fisika dalam diri siswa. Pemahaman serta penguasaan konsep menjadikan seseorang untuk mengembangkan konsep tersebut agar dapat bermanfaat bagi sekitarnya. Oleh karena itu perlu adanya identifikasi pemahaman konsep fisika menggunakan instrumen yang tepat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa SMA di Jember pada materi fluida dinamis menggunakan Four Tier Test.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian dilakukan pada siswa SMA kelas XI di tiga Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Jember, yaitu SMA Negeri 2 Jember, SMA Negeri Balung, dan SMA Negeri Pakusari dengan pertimbangan berdasarkan nilai rata-rata UN Fisika SMA di Kabupaten Jember selama tiga tahun terakhir (2015, 2016, dan 2017) dari Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspendik Kemdikbud). Responden yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Jember yang terdiri dari 36 siswa, kelas XI MIPA 2 SMAN Balung yang terdiri dari 35 siswa, dan kelas XI MIPA 1 SMAN Pakusari yang terdiri dari 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah Four Tier test yaitu tes yang terdiri dari empat tingkatan. Tingkat pertama merupakan jawaban, tingkat kedua yaitu tingkat keyakinan jawaban, tingkat ketiga yaitu alasan dari jawaban,tingkat keempat yaitu tingkat keyakinan alasan. Adapun langkah-langkah penelitian ini yaitu (1) tahap awal, (2) tahap penyusunan instrumen yang berupa soal pilihan ganda pemahaman konsep, (3) pada tahap ketiga yaitu melakukan tes pemahaman konsep, (4) tahap keempat yaitu analisis data, dan (5) tahap terakhir adalah pembahasan dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa hasil identifikasi pemahaman konsep siswa SMA di Jember pada materi fluida dinamis menggunakan Four Tier Test terbagi menjadi beberapa kategori yaitu miskonsepsi sebesar 29,21%, tidak paham konsep sebesar 7,09%, paham konsep sebesar 22,86%, paham sebagian sebesar 34,92%, dan tidak dapat dikodekan (siswa menjawab tidak lengkap pada setiap tingkatan soal) sebesar 5,93%.