• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    Indah Putri Melati - 070210301100_1.pdf (289.6Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Indah Putri Melati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Jember sudah tergolong aktif, namun kelas X-5 memiliki aktivitas yang paling rendah dibandingkan dengan kelas lainnya yaitu kelas X-1 sampai X-6, pemahaman siswa kelas X-5 juga terbilang cukup rendah hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang sebagian siswanya masih rendah atau di bawah standart ketuntasan minimal yang di tetapkan oleh sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X-5 di SMA Negeri Rambipuji Jember. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa. Hal tersebutdapat dilihat dari lembar observasi aktivitas pada tiap siklus dan nilai post test yang dilakukan setiap akhir siklus pada mata pelajaran Ekonomi materi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi siswa kelas X-5 SMA Negeri Rambipuji Jember. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa kelas X-5 tergolong Aktif yaitu sebesar 68.43 %. Secara individu nilai rata-rata ulangan harian siswa pada siklus I sebesar 72,23 yang berarti sudah memenuhi KKM. Secara klasikal, nilai ulangan harian siswa sudah memenuhi standar ketuntasan yang mencapai 79,41%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 68.43% pada siklus I meningkat menjadi 77.84% dengan kategori Aktif, sedangkan rata-rata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 84.64 dan secara klasikal mencapai 91.17%. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar dan pemahaman siswa kelas X-5 SMA Negeri Rambipuji Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8728
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository