Pemanfaatan Pengajaran Sumber Sejarah Sebagai Upaya Mendukung Penguatan Pendidikan Karakter
Abstract
Sebagai ilmu, Sejarah memiliki peran yang vital dalam pendidikan
dan kehidupan. Perkembangan zaman dengan segala produk dan konsekuensinya
telah membawa dampak yang tidak hanya bersifat membangun (konstruktif)
namun juga desktruktif terhadap perkembangan kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara. Pendidikan kemudian menjadi andalan sebagai filter
terhadap pengaruh buruk perkembangan zaman dan juga media menanamkan
nilai-nilai moral dan kebangsaan. Pemerintah Indonesia telah mencanangkan
program penguatan pendidikan karakter untuk mencegah dampak buruk serta
mempersiapkan generasi muda Indonesia menjawab tantangan zaman. Pada titik
inilah, peran Ilmu Sejarah kembali mendapat peluang sekaligus tantangan. Artikel
ini membahas peranan pengajaran sumber sejarah dalam kapasitas untuk
mendukung program pendidikan karakter. Sumber sejarah berikut proses
penggunaannya dalam penelitian sejarah dapat diperkenalkan sebagai media
belajar yang komprehensif kepada peserta didik.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]