PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
Abstract
Banyak cara yang dapat ditempuh oleh perusahaan ritel dalam rangka
mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggannya. Salah satu caranya
adalah adalah ragam produk yang disediakan oleh pemilik ritel. Oleh karena itu,
pemilik ritel harus membuat keputusan yang tepat mengenai keragaman produk yang
dijual, karena dengan adanya macam-macam produk dalam arti produk yang lengkap
mulai dari merk, ukuran, kualitas dan ketersediaan produk. Dengan adanya
keragaman produk yang baik maka akan memudahkan konsumen dalam memilih dan
membeli berbagai macam produk sesuai dengan keinginan mereka.
Disamping memperhatikan keragaman produk perusahaan yang bergerak
dibidang retail harus juga berupaya untuk memberikan pelayanan yang baik, sebab
pelayanan yang berkualitas merupakan salah satu cara untuk menarik dan
mempertahankan konsumen. Pelayanan harus diperhatikan karena dalam memilih
suatu produk atau jasa konsumen selalu berupaya untuk memaksimalkan nilai
peayanan yang dirasakan
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah variabel keragaman
produk dan pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas
konsumen pada Indomaret Bangsalsari Kabupaten Jember tahun 2012, dan variabel
manakah diantara keragaman produk dan pelayanan yang memiliki pengaruh
dominan terhadap loyalitas konsumen pada Indomaret Bangsalsari Kabupaten Jember
tahun 2012. Teori yang digunakan sehubungan dengan keragaman produk yaitu
variasi merek produk, ukuran kemasan produk dan kualitas produk sedangkan untuk
teori indikator pelayanan yaitu teori yang menyatakan lima dimensi kualitas
pelayanan yaitu tangibles, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan
Hasil pengujian dengan uji F menunjukkan bahwa keragaman produk dan
pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Indomaret
Bangsalsari Kabupaten Jember tahun 2012. Koefisien determinasi