• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS

    Thumbnail
    View/Open
    Ghanif Agung Revianto - 070210391084 (2)_1.pdf (1.061Mb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Ghanif Agung Revianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemandirian belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Tanggul dalam pembelajaran ekonomi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas X lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya percaya diri siswa, ketergantungan terhadap orang lain dan tidak berperilaku berdasarkan inisiatif diri sendiri. Selain itu mereka meremehkan pelajaran ekonomi karena mereka menganggap bahwa pelajaran ekonomi hanya hafalan, dan pada saat guru menjelaskan materi pandangan siswa tidak terfokus pada penjelasan guru atau materi yang sedang dijelaskan oleh guru. Dengan penerapan model pembelajaran ARIAS diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Penelitian ini dilakukan di kelas X-5 SMA Negeri 1 Tanggul semester genap pada tanggal 16 Mei 2012 sampai dengan 6 Juni 2012. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemandirian belajar siswa di kelas X-5 sebelum tindakan hanya sebesar 1,81 pada kriteria rendah. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I diketahui bahwa skor rata-rata kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 2,53 yaitu pada kriteria sedang. Hasil ini tentunya belum sesuai dengan target penelitian yaitu skor rata-rata kemndirian belajar siswa pada kriteria tinggi. Dengan demikian maka diputuskan dilakukan siklus II, pada siklus II skor rata-rata kemndirian belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 3,29 yang berada pada kriteria tinggi. Oleh karena itu, berpedoman pada hipotesa dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi khususnya pokok bahasan uang dan perbankan karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8723
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository