• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN PADA KELOMPOK B Di TK WISMA RINI SEMBORO KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Mega Cahya Deva C - 120210201060_.pdf (1.171Mb)
    Date
    2018-08-24
    Author
    DEVA C., Mega Cahya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindak kelas dengan pendekatan kuantitatif, dan subjek penelitian yang berjumlah 21 anak yang diambil dengan teknik populasi secara keseluruhan. Tempat penelitian di kelompok B TK Wisma Rini Semboro dengan menggunakan purposive area. Data dan sumber data dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari perhitungan hasil observasi dan data sekunder diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus klasikal yang dihitung secara manual. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui aktivitas bermain dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Wisma Rini Semboro. Hasil pelaksanaan pembelajaran melalui aktivitas bermain dapat dilihat melalui tingkat keberhasilan tindakan yang telah dilakukan pada setiap tahapan siklus yang mengalami peningkatan. Kondisi awal kemampuan motorik kasar anak dapat diketahui bahwa anak dengan kriteria belum baik sebanyak 76,19%, selanjutnya anak dengan anak pada kriteria cukup baik sebanyak 9,52%, dan anak pada kriteria baik sebanyak 14,28%. Setelah diadakan tindakan pada siklus I kemampuan motorik kasar anak mengalami peningkatan yaitu anak pada kriteria belum baik sebanyak 9,52%, selanjutnya anak dengan kriteria cukup baik sebanyak 38,09 %, anak pada kriteria baik sebanyak 52,38%. Pada siklus II kemampuan motorik kasar anak dengan kriteria belum baik sebanyak 4,76%, selanjutnya anak dengan kriteria cukup baik juga menurun menjadi 14,28 %, sedangkan anak pada kriteria baik meningkat sebanyak 80.95%. Dengan kalkulasi peningkatan kemampuan motorik kasar anak sebesar 80,95% maka dapat dikatakan bahwa kemampuan motorik kasar anak berada pada kriteria baik atau meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87219
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository