• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran GI Mata Pelajaran IPS Terpadu

    Thumbnail
    View/Open
    ERCIS SICILIA - 060210301337 (2)_1.pdf (82.44Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    ERCIS SICILIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motivasi belajar yang rendah membuat siswa kelas VIII-3 SMPN 1 Srono merasa kurang bersemangat dalam belajar sehingga berakibat pada hasil belajar yang kurang. Keadaan tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa tidak memiliki minat dan semnagat belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Group Investigation Berdasarkan rumusan masalah, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-3 SMPN 1 Srono pada mata pelajaran IPS Terpadu Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Permintaan dan Penawaran serta Terbentuknya Harga Pasar Kelas VIII-3 Semester Genap di SMP Negeri 1 Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2011/2012. Peningkatan motivasi belajar siswa dari rendah menjadi tinggi serta hasil belajar siswa yang diperoleh dari ulangan harian hingga mencapai KKM sebesar 70 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 75%. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive yaitu seluruh siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Srono dan penentuan jumlah subjek penelitian menggunakan populatif yaitu seluruh anggota kelas VIII-3 yang berjumlah 37. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes, metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatakn motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I walaupun masih tergolong sedang yaitu sebesar 3,0. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari sebelum tindakan yaitu sebesar 24% menjadi 62%. Pada siklus I sudah terlihat peningkatan hasil belajar walaupun belum mencapai 75%. Pada siklus II, motivasi belajar siswa meningkat dan mencapai kategori tinggi yaitu sebesar 3,6, sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 62% menjadi 78% yang berarti sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Disini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai pelaksanaan pada setiap siklus, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8720
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository