Penggunaan Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Dongeng Fabel Pada Siswa Kelas Ii SDN 4 Jajag Banyuwangi
Abstract
Menyimak merupakan kemampuan berbahasa awal untuk menunjang kemampuan berbahasa yang lain (berbicara, menulis, dan membaca). Selain itu tujuan menyimak adalah untuk memahami bahasa secara lisan. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan guru kelas II SDN 4 Jajag Banyuwangi pada tanggal 16 Desember 2017 diketahui bahwa kemampuan menyimak siswa masih rendah, utamanya dalam pembelajaran menyimak dongeng. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa juga masih ada yang belum dapat menjawab pertanyaan terkait isi dongeng yang disajikan. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat diterapkan adalah media wayang kertas. Media ini diharapkan dapat meningkatkan minat menyimak siswa dan memudahkan siswa untuk memahami dongeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan media wayang kertas yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng fabel siswa kelas II SDN 4 Jajag Banyuwangi? dan (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar menyimak dongeng fabel siswa kelas II SDN 4 Jajag Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan media wayang kertas yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng fabel siswa kelas II SDN 4 Jajag Banyuwangi; dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar menyimak dongeng fabel setelah diterapkan media wayang kertas pada siswa kelas II SDN 4 Jajag Banyuwangi.