Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal-Soal UN Fisika SMA Pada Materi Listrik Dinamis dan Rangkaian Arus Bolak-Balik
Abstract
Kesalahan yang dialami oleh siswa dalam mengerjakan soal harus segera
mendapat pemecahan yang tuntas. Pemecahan ini dapat dilakukan dengan cara
menganalisis kesalahan-kesalahan tersebut. Selanjutnya, diupayakan alternatif
pemecahannya, sehingga kesalahan yang sama tidak akan terulang kembali dan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentunya pada pelajaran fisika. Dalam
mengerjakan soal Ujian Nasional (UN) fisika, strategi yang dilakukan masing-
masing siswa berbeda-beda tergantung kepada individu masing-masing. Berkaitan
dengan hal tersebut, berikut adalah salah satu model yang dapat digunakan untuk
menyelesaikan masalah fisika dalam bentuk tes uraian yang dilakukan oleh
George Polya. Model Polya mengindikatorkan kemampuan siswa dalam
menyelesaikan suatu soal menjadi empat tahapan yakni memahami masalah,
merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa
kembali pemecahan.