Pengembangan Modul Dilengkapi Kejadian Nyata Pada Konsep Listrik Dinamis IPA SMP
Date
2018-08-06Author
Izzah, Lailatul
Supriadi, Bambang
Maryani, Maryani
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menggambarkan validitas Modul yang
dilengkapi kejaian nyata tentang listrik dinamis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP),
menggambarkan hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan modul.
Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Jember. Rancangan penelitian ini adalah pengembangan 4D.
Persentase deskriptif digunakan untuk menganalisis validitas modul. Rata-rata modul dari validitas ahli
3.89 yang dikategorikan cukup. Modul ini Cukup valid atau dapat digunakan namun perlu direvisi.
Pemanfaatan modul dalam pembelajaran mendapat efek positif dalam hasil belajar dan keterampilan
berpikir kritis. Hasil belajar setelah menggunakan modul dengan nilai gain 0,54 dikategorikan sebagai
sedang. Keterampilan berpikir kritis dengan nilai gain 0,56 dikategorikan sebagai sedang. Modul
dilengkapi kejadian nyata sesuai sebagai alternatif untuk materi pembelajaran.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]