• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Miskonsepsi Ipa Materi Sistem Pencernaan Menggunakan Certainty of Response Index (Cri) Pada Siswa Kelas V SD.

    Thumbnail
    View/Open
    Dini Oktavia Sari - 140210204011.pdf Sdh.pdf (6.094Mb)
    Date
    2018-07-31
    Author
    Sari, Dini Oktavia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran IPA. Konsep merupakan gagasan atau ide abstrak yang mewakili satu kelas stimulus (sesuatu). Setiap siswa memiliki rumusan tersendiri tentang suatu konsep yang disebut konsepsi. Oleh karena itu, di dalam kelas dikenal konsepsi dari para ilmuwan, konsepsi guru, konsepsi masing-masing siswa, konsepsi penulis buku ajar dan sebagainya. Siswa sudah memiliki konsep awal atau prakonsepsi saat memasuki pembelajaran di sekolah. Seringkali konsep yang dibangun siswa tidak sesuai atau menyimpang dari konsepsi yang benar. Pada umumnya, konsepsi para ilmuan merupakan konsepsi yang paling benar, paling lengkap, dan masuk akal dibandingkan kelompok konsepsi yang lainnya. Jawaban yang salah terhadap suatu konsep, diartikan tidak sesuai dengan tafsiran yang berlaku dan yang disepakati oleh para ilmuan maka dapat diartikan siswa tersebut mengalami miskonsepsi atau salah konsep. Miskonsepsi dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dan cenderung kebingungan saat mempelajari konsep baru. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa tidak jarang menimbulkan hasil belajar yang rendah. Miskonsepsi dan ketidakpahaman materi merupakan dua hal yang berbeda. Metode CRI merupakan suatu cara yang dapat mengidentifikasi siswa yang mengalami miskonsepsi sekaligus membedakan siswa yang tidak paham konsep dan siswa yang paham konsep dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat miskonsepsi IPA materi sistem pencernaan menggunakan CRI pada siswa kelas V SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Baratan 02 tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 32 siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86824
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository