Prosedur Pelayanan Asuransi Individu JS Prestasi Pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Jember
Abstract
Asuransi merupakan perusahaan jasa yang menyediakan
berbagai polis asuransi untuk melindungi seseorang atau nasabahnya dari
berbagai macam resiko kerugian dengan cara membayar premi secara teratur.
Perkembangan perusahaan asuransi selalu mendapat perhatian para pakar
akademik dan media masa. Asuransi sangat berperan dalam kehidupan seharihari
maupun saat terjadi ketidaksanggupan dalam suatu perusahaan contohnya
kerugian pada saat terjadi kecelakaan. Tetapi dalam hal ini tidak banyak
masyarakat yang paham tentang pentingnya asuransi sebagai jaminan apabila
terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, seperti kematian.
Sehingga pemahaman asuransi terhadap masyarakat perlu ditingkatkan, agar
dapat memahami berbagai manfaat asuransi.
Salah satu bentuk asuransi yang umum dipahami masyarakat adalah
asuransi jiwa. Asuransi jiwa adalah suatu jasa yang diberikan oleh perusahaan
asuransi dalam penanggulangan risiko yang dikaitkan dengan jiwa atau
meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan (Siamat, 2004: 452). Dalam
asuransi jiwa yang dipertanggungkan adalah asuransi yang disebabkan oleh
kematian. Kematian tersebut mengakibatkan hilangnya pendapatan seseorang.
Risiko yang mungkin timbul pada asuransi jiwa terutama terletak pada unsur
waktu, oleh karena itu sulit untuk mengetahui kapan seseorang akan
meninggal dunia. Untuk memperkecil risiko tersebut, sebaiknya diadakan
pertanggungan jiwa.
Alasan memilih PT. Asuransi Jiwasraya cabang Jember sebagai tempat
praktek kerja nyata dikarenakan lebih mengarah tentang pembahasan prosedur
pelayanan sesuai yang ingin diterapkan oleh penulis. Salah satu produk
asuransi yang penting adalah asuransi individu JS Prestasi. JS Prestasi adalah
program asuransi pendidikan yang dapat membantu orang tua untuk
mempersiapkan dana pendidikan putra-putrinya sampai dengan jenjang
perguruan tinggi. Prosedur pelayanan JS Prestasi asuransi individu sangat penting untuk dipahami bagi masyarakat pada umumnya dan agar masyarakat
khususnya para pengguna asuransi (Jiwasraya) juga lebih memahami
bagaimana prosedur pendaftaran hingga klaim asuransi khususnya pada
produk asuransi individu. Dengan alasan tersebut penulis tertarik untuk
mendalami bagaimana proses pendaftaran hingga klaim asuransi individu di
PT. Asuransi Jiwasraya dilaksanakan. Berdasarkan uraian diatas, maka dalam
Praktek Kerja Nyata ini diambil Judul, “ Prosedur Pelayanan Asuransi
Individu JS Prestasi Pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Jember
Collections
- DP-Company Management [469]