• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Bertanya Andy F. Noya dalam Menggali Informasi dari Ahok pada Acara Kick Andy Edisi 27 Maret 2017

    Thumbnail
    View/Open
    Sri Wulandari 1.pdf (2.557Mb)
    Date
    2018-07-30
    Author
    Wulandari, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa secara umum merupakan alat kemunikasi atau interaksi sosial. Penggunaan bahasa selain untuk alat berkomunikasi antar kelompok masyarakat bahasa juga berfungsi sebagai alat berekspesi, interaksi sosial, serta mengungkapkan ide pengguna bahasa. Keberadaan bahasa sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, dengan adanya bahasa manusia dapat dengan mudah menyampaikan berbagai ide atau gagasan, pikiran dan perasaannya. Salah satu wujud bahasa adalah tindak tutur. penggunaan tindak tutur dalam proses komunikasi dengan orang lain dapat dibantu dengan menggunakan strategi tutur yang tepat untuk membuat mitra tutur tidak merasa terbebani dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. Salah satu peristiwa tutur yang menarik untuk dikaji karena melibatkan berbagai strategi bertanya untuk mendapatkan infomasi lebih mendalam dari nararumber pada acara Kick Andy. Penggunaan strategi bertanya yang beragam dalam acara Kick Andy menarik untuk dikaji karena penggunaan staregi bertanya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi dengan orang lain maupun dalam proses pembelajaran di sekolah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana wujud strategi bertanya yang digunakan Andy F. Noya saat mewawancarai Ahok pada acara Kick Andy edisi 27 maret 2017, (2) bagaimana fungsi strategi bertanya yang digunakan Andy F. Noya saat mewawancarai Ahok pada acara Kick Andy edisi 27 maret 2017, (3) bagaimana daya perlokusi yang ditunjukkan oleh narasumber setelah mendapatkan tindak bertanya dari Andy F. Noya dalam acara Kick Andy edisi 27 maret 2017. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) wujud strategi bertanya yang digunakan Andy F. Noya pada acara Kick Andy edisi 27 maret 2017, (2) fungsi strategi bertanya yang digunakan Andy F. Noya saat mewawancarai Ahok pada acara Kick Andy edisi 27 maret 2017, (3) daya perlokusi yang ditunjukkan oleh narasumber setelah mendapatkan tindak bertanya dari Andy F. Noya dalam acara Kick Andy edisi 27 maret 2017. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif interpretative. Data penelitian berupa segmen tutur beserta konteksnya yang diindikasikan mengandung tindak bertanya Andy F. Noya selama acara berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud strategi bertanya yang digunakan Andy F. Noya saat mewawancarai Ahok pada acara Kick Andy edisi 27 maret 2017 adalah (1) strategi lansgung literal dan (2) strategi tidak langsung literal. Fungsi strategi yang digunakan oleh Andy F. Noya saat mewawancarai Ahok pada acara Kick Andy edisi 27 maret 2017 adalah (1) berfungsi untuk kesopanan, (2) berfungsi untuk menggugah respon mitra tutur, (3) bersungsi untuk menguji egoisme mitra tutur, dan (4) berfungsi untuk membuat mitra tutur tidak merasa tertekan. Daya perlokusi yang ditunjukkan oleh narasumber setelah mendapatkan tindak bertanya Andy F. Noya pada acara Kick Andy edisi 27 maret 2017 terdiri atas, (1) menjawab dengan menjelaskan, (2) menjawab dengan bercerita, (3) menjawab dengan bertanya kembali, dan (4) menolak menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Andy F. Noya. Berdasarkan pemaparan mengenai hasil dan pembahasan penelitian tersebut, terdapat beberapa saran yang perlu disampaikan kepada beberapa pihak yaitu; (1) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk membaca hasil penelitian ini untuk mengajukan berbagai permasalahan yang dapat diangkat sebagai bahan diskusi dalam mata kuliah pragmatik dan microteaching, (2) guru bahasa Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini agar bisa menjadi sebuah bahan referansi untuk menggunakan strategi bertanya bagi praktik pembelajaran yang dikelolanya, (3) peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian sejenis dengan bahasan yang lebih meluas dan mendalam pada aspek-aspek penelitian strategi bertanya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86700
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository