Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIIID di SMP Nurul Islam Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018)
Abstract
Menurut Undang-undang No. 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat permasalahan pada minat belajar siswa di
kelas VIIID SMP Nurul Islam yang harus di selesaikan. Data hasil observasi
menunjukkan rendahnya minat belajar siswa kelas VIIID dengan skor rata-rata minat
belajar mencapai 2,45. Apabila dilihat pada indikator minat belajar saat observasi awal,
maka minat belajar siswa kelas VIIID tergolong rendah dengan skor rasa suka siswa
terhadap pelajaran 2,7, partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar 2,42, perhatian
siswa selama proses belajar mengajar berlangsung 2,37, dan ketekunan belajar siswa 2,32.
Minat belajar yang rendah menyebabkan hasil belajar yang rendah, hal ini dibuktikan
dengan data hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru berupa nilai ulangan harian. Dari
data tersebut nilai rata-rata ulangan siswa kelas VIIID 72,00 dan ketuntasan klasikal
mencapai 43%. Berdasarkan hasil diskusi antara guru dengan peneliti menetapkan
penggunaan media Powtoon untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti beserta guru
meyakini bahwa media pembelajaran Powtoon ini mampu meningkatkan minat belajar
dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area. Berdasarkan hasil observasi pada setiap kelas VIII, terpilih kelas VIIID
SMP Nurul Islam sebagai subjek penelitian. Hal ini didasari oleh kondisi siswa kelas
VIIID yang heterogen. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode
observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adanya peningkatan
minat belajar siswa dari rendah menjadi tinggi dan peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Powtoon
dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIID SMP Nurul Islam pada
kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian
Indonesia semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Pembelajaran siklus I skor rata-rata
minat belajar siswa sebesar 2,9 dengan kriteria sedang, meningkat menjadi 3,2 dengan
kriteria tinggi pada siklus II. Meningkatnya minat belajar juga diikuti oleh peningkatan
hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar
siswa sebesar 77,28 dengan ketuntasan klasikal 60%, dan pada siklus II rata-rata hasil
belajar siswa meningkat menjadi 81,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Hal
ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Powtoon dapat mengatasi
permasalahan pembelajaran dalam kelas VIIID dan target penelitian ini tercapai.