• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pemahaman Terhadap Konsep Bilangan Sesuai Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Anak Kelompok a1 Di Tk Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    dewi karunia pamungkas 1.pdf (5.983Mb)
    Date
    2018-07-26
    Author
    Pamungkas, Dewi Karunia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Potensi anak usia dini yang perlu dikembangkan mencakup seluruh aspek perkembangan anak, yakni aspek fisik motorik, aspek kognitif, aspek sosioemosional, aspek bahasa serta aspek nilai agama dan moral. Salah satunya yang ingin saya bahas yaitu aspek perkembangan kognitif yang menggambarkan bagaimana cara berpikir anak dapat berkembang. Konsep Bilangan menurut Permendiknas No. 58 tahun 2009 tentang standart pencapaian perkembangan usia 4-5 tahun meliputi mengetahui konsep banyak dan sedikit, membilang banyak benda satu sampai sepuluh, dan Mengenal konsep bilangan. Pembelajaran matematika realistik lebih mendekatkan matematika dengan lingkungan anak. Pembelajaran matematika guru harus mengaitkan/menghubungkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman anak dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi awal pada saat KKMT di kelas kelompok A1 di TK Dharus Sholah Jember, sebagian anak masih belum mampu memahami tentang konsep bilangan hanya pengenalan konsep bilangan. Salah satu kemampuan yang penting bagi anak yang perlu dikembangkan adalah kemampuan matematika, dari permasalahan tersebut diperlukan adanya tindak lanjut mengenai analisis pemahaman anak terhadap konsep bilangan melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik yang kurang dipahami oleh anak. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pemahaman konsep bilangan sesuai permendiknas no. 58 tahun 2009 melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik pada anak kelompok A1 di TK Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui/mendeskripsikan tentang pemahaman terhadap konsep bilangan sesuai permendiknas no. 58 tahun 2009 melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik pada anak kelompok A1 di TK Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan di TK Darus Sholah Jember selama 4 minggu. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci, yaitu anak usia 4-5 tahun dan informan pendukung yaitu guru kelompok A1. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data melalui empat tahapan, yaitu proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Darus Sholah Jember berkaitan dengan analisis pemahaman terhadap konsep bilangan sesuai permendiknas no.58 tahun 2009 melalui pendekatan matematika realistik bahwa anak lebih memahami tentang mengenal konsep banyak dan sedikit sebesar 45% dan menunjuk lambang bilangan sebesar 45%, membilang 1-10 sebesar 65%, menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda sebesar 53%. Adapun hasil tes yang diraih tentang pemahaman konsep bilangan ialah anak lebih memahami tentang mengenal konsep banyak dan sedikit, menunjuk lambang bilangan 1-10, menyebut urutan bilangan 1-10 serta menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda. Saran yang dapat disampaikan yaitu bagi guru hendaknya guru kelompok A1 dapat lebih menanamkan pembelajaran kepada anak tentang konsep bilangan pada benda-benda nyata di lingkungan sekitar. Dukungan dari pihak sekolah yaitu hendaknya sekolah menyediakan sarana dan prsarana yang menunjang pembelajaran konsep bilangan dengan mendekatkan anak melalui pembelajaran matematika realistik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86489
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15383]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository